RSS

Pre Departure – LPDP: Mengganti Pilihan Universitas

11 Nov

Tahun ini, Alhamdulillah, Saya mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi Magister di Eropa. LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan. Beasiswa ini masih cukup muda, hampir 2 tahun sejak penerimaan pertama, sekarang sudah mencapai 2000 awardee untuk studi master dan doktoral dalam maupun luar negeri.

Saya sendiri melanjutkan studi jurusan Teknik Telekomunikasi di TU Muenchen. Sebenarnya Saya diterima lebih dulu di jurusan Teknik Penerbangan di TU Delft di tahun yang sama dengan didukung penuh oleh beasiswa LPDP.

Syarat penting LPDP

Salah satu persyaratan LPDP adalah Official Letter of Admission (LoA) dari kampus tujuan. Walaupun bersifat opsional, surat penerimaan tentu akan sangat dipertimbangkan karena calon awardee sudah berhasil memenuhi persyaratan dasar untuk dapat studi Magister.

Saat itu Saya tertarik untuk mengambil spesialisasi di bidang satelit. TU Delft, sangat dikenal dengan bidang Aerospace-nya. Sebaliknya, TU Muenchen bekerja sama langsung dengan European Space Agency khususnya dalam pengembangan ground station untuk komunikasi satelit, keilmuannya sendiri langsung di bawah Teknik Telekomunikasi. Hasil seleksi TU Delft sangat cepat, sehingga Saya bisa memasukkan aplikasi ke LPDP dengan LoA dari TU Delft. LoA yang diberikan tidak resmi karena hanya berupa e-mail penerimaan saja. Saat seleksi LPDP, LoA tersebut cukup disanksikan.

Periode seleksi paling ramai ~ Juni 2014

Seleksi LPDP saat itu adalah periode kritis, terutama untuk calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi tahun ini. Studi yang dimulai pada bulan Agustus sampai September memberikan deadline pembayaran tuition dua bulan sebelumnya sementara LPDP baru memulai seleksi wawancara pada bulan Juni untuk periode kedua tahun 2014. Beberapa awardee sudah melewati deadline. Pihak LPDP menyarankan untuk bernegosiasi dengan univeritas tujuan agar diberikan waktu untuk pelunasan. Tidak banyak universitas yang memberikan keringanan tersebut. Cara lain yang cukup ampuh adalah dengan membayar sendiri terlebih dahulu atau dengan berkomunikasi pihak PPI universitas dan menghimpun calon awardee LPDP dengan tujuan univeritas yang sama untuk diberikan keringanan. Sayang sekali, TU Delft adalah salah satu yang tidak dapat diundur masa pembayarannya. Hasil wawancara baru keluar dua minggu setelahnya.

Setelah lulus seleksi wawancara, satu tahapan akhir sebelum resmi menerima beasiswa LPDP adalah mengikuti Program Kepemimpinan (PK). Sebelum melalui PK, calon awardee belum resmi sebagai penerima beasiswa LPDP. Calon awardee yang sudah sampai tahap ini diberikan Letter of Sponsorship yang dapat digunakan sebagai bukti sementara pembiayaan ke pihak universitas tujuan. PK berikutnya diadakan setelah bulan suci Ramadhan yaitu bulan Agustus. Selama dua bulan menunggu tersebut, TU Muenchen baru mengadakan proses seleksi. Alhamdulillah, setelah pengumuman penerimaan pada awal Juli Saya kemudian mengurus perpindahan universitas dari TU Delft ke TU Muenchen.

Prosedur Perpindahan Universitas

Perpindahan universitas hanya diperbolehkan satu kali dan LPDP belum membayarkan biaya apapun di universitas sebelumnya. Untuk pindah universitas, persyaratannya cukup mudah, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  1. Universitas pengganti lebih baik secara ranking (bukan syarat mutlak)
  2. LoA universitas tujuan yang baru
  3. Surat permohonan perpindahan universitas (tidak ada template khusus)

Untuk ranking universitas, LPDP mempunyai grade tersendiri, namun Saya diminta untuk mengacu pada QS rank. Setelah Saya lengkapi dan dikirimkan, ternyata Saya diminta lagi persyaratan keempat.

  1. Surat Rekomendasi Universitas dari Profesor di Indonesia

Bagian ini cukup memakan waktu. Untuk mempermudah, Saya membuatkan draft awal agar recommender mempunyai bayangan tentang universitas tujuan. Waktu pengurusan total sekitar satu minggu, hasil keputusan keluar setelah dua hari. Hasil keputusan pindah universitas ini sangat penting untuk mendapatkan Letter of Sponsorship yang dapat digunakan segera dalam kepengurusan visa. Karena saat periode kuliah semester baru, visa membutuhkan waktu sekitar 3 bulan, khususnya di kedubes Jerman.

Alhamdulillah, tidak terpikir sebelumnya melewati tahapan-tahapan yang begitu panjang sebelum akhirnya melanjutkan studi di TU Muenchen, salah satu universitas teknik terbaik dunia. Dimanapun kita, ilmu apapun itu, semoga dapat menggalinya dengan optimal dan menerapkannya untuk Indonesia yang lebih baik.

Update 9/8/2015:

Berikut Saya sertakan link dari surat permohonan perpindahan universitas yang pernah Saya ajukan. Surat ditujukan kepada Direktur Utama LPDP. Untuk surat rekomendasi  universitas tentunya akan dibuat oleh profesor langsung. Saya hanya memberikan draft sesuai dengan letter of motivation yang Saya ajukan pada universitas tujuan. Semoga dapat bermanfaat.

Update 17/3/2016:

Berikut ada satu contoh surat rekomendasi profesor yang di-share oleh salah satu rekan penerima beasiswa LPDP. Semoga bermanfaat.

 
176 Comments

Posted by on November 11, 2014 in Uncategorized

 

176 responses to “Pre Departure – LPDP: Mengganti Pilihan Universitas

  1. imahcing

    January 2, 2015 at 8:51 am

    Assalamualaikum,, mas saya lolos BPI des 2014 kampus DN. Saat interview sy hny skitar 5-10menitan sj. Itupun tak ada pembahasan yg mendalam. Mereka lgsg memberikan sy rekomendasi utk lolos krn saat wwncara slh stu pewwncara menggunakan bhs arab dan sy menjwb dg sgt fluent.. Mreka lsg menyayangkan sy hny apply DN mereka merekomendasikan jika sy serius hrus ke LN. Saat diumumkan sy lolos tp ya ttp DN krn sy apply DN. Sy mhon prtlngan jika berkenan mas kirim format pengajuan permohonan pindah univ. Ke email sy . dan jika boleh tau alamat utk mengirimkan permohonan trsebut. Thanks. Nurhalimah. Imahcing@gmail.com

     
    • setiawanaab

      January 6, 2015 at 2:21 pm

      Selamat ya mbak Nurhalimah, semoga bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan. Untuk perpindahan univ sebaiknya selain surat pengajuan permohonan perpindahan sertakan juga LoA univ tujuan yang baru dan rekomendasi univ tujuan oleh prof di Indonesia. Untuk format pengajuan dan alamat email pengajuan, sudah saya PM via email ya.

       
      • imah

        January 8, 2015 at 2:13 pm

        Terima kasih banyakk mas,, 🙂

         
  2. fahim

    February 11, 2015 at 1:23 am

    assalam,,, mas sy pengen mengajukan pindah kampus,, bisa minta form surat beserta alamt email pengiriman?? Fahim Khasani : Maxmillian_212@yahoo.com

     
    • setiawanaab

      February 13, 2015 at 6:15 pm

      Waalaikumsalam, saya sudah kirim y mas, bisa dicek emailnya.. semoga lancar..

       
  3. A Firlani Romadhon

    February 16, 2015 at 3:14 am

    Assalamu’alaikum, saya mau ngajukan pindah kampus, karena spesialisasi yang sesuai dengan pekerjaan saya sekarang ada di kampus yang baru, bisa minta form surat beserta alamt email pengiriman?? A Firlani Romadhon : afirlani@unmuhjember.ac.id

     
    • setiawanaab

      February 16, 2015 at 7:35 pm

      Waalaikumsalam, email-nya bisa dicek mbak, semoga bermanfaat

       
  4. tikanindya

    February 19, 2015 at 6:19 am

    Assalamualaikum Mas,
    saya ingin bertanya beberapa hal :
    1. Letter of Sponsorship dari LPDP keluar setelah PK ya? Univ saya minta adanya deposit, nah itu bagaimana ya? Apa bisa sebelum PK minta guarantee letter dari LPDP?
    2. Boleh minta form untuk perubahan uni? minta tolong dikirimkan ke kartika.nindya@gmail.com

    Terima kasih banyak 🙂

     
    • setiawanaab

      February 20, 2015 at 8:27 am

      Waalaikumsalam Mbak Tika,
      1. LoS bisa keluar setelah pengumuman hasil wawancara (sebelum PK), biasanya untuk universitas yang sudah banyak awardee LPDPnya mereka bisa menerima LoS tersebut untuk menunda pembayaran. Kalau LoG baru bisa keluar setelah PK.
      2. Formnya sudah saya forward-kan ya.

       
      • tikanindya

        February 24, 2015 at 4:27 pm

        Terima kasih ya 🙂

         
      • Mia

        May 2, 2016 at 2:34 pm

        Assalamualaikum Mas
        Bisa forwad kan saya form LOS nggak mas?
        Universitas yang saya tuju minta dikirimkan LOs

         
      • Mia

        May 2, 2016 at 2:36 pm

        Terimakasih banyak Mas

         
  5. nosaza118706

    February 21, 2015 at 2:08 pm

    Assalamau’alaykum.. salam kenal saya Zara.. saat ini sedang menunggu PK.. saya juga berencana pindah jurusan dan universitas.. boleh saya minta dokumen2 nya mas? kalau mas berkenan tolong kirim ke email saya.. trims

     
    • setiawanaab

      February 23, 2015 at 2:21 pm

      Waalaikumsalam Zara, insyaAllah nanti saya kirimkan form pindah univ, walaupun sebenarnya tidak ada standar khususny, silakan di posting alamat emailnya..

       
    • setiawanaab

      February 28, 2015 at 8:39 pm

      ok mbak zara sudah saya kirimkan, mohon maaf baru sempat saya kirim. Semoga bermanfaat.

       
  6. ainun nadzir lutfi

    March 2, 2015 at 2:00 am

    Assalamau’alaikum wr.wb..
    salam kenal..
    saat ini sedang menunggu hasil..
    saya juga berencana pindah jurusan dan universitas..
    boleh saya minta dokumen-dokumennya mas?
    kalau mas berkenan tolong kirim ke email saya juga..
    terima kasih

     
    • setiawanaab

      March 2, 2015 at 8:52 am

      Waalaikumsalam Mbak Ainun, silakan saja Mbak mem-post alamat e-mailnya, nanti akan saya kirimkan contoh form pengajuan pindah univ nya.

       
  7. Marthella Rivera

    March 10, 2015 at 5:11 am

    Halo Mas, thanks buat sharingnya. Berguna sekali. Beberapa menit yang lalu saya baru buka email dan puji Tuhan lulus seleksi LPDP. Saya mencantumkan Univ.of Birmingham saat apply, namun saat wawancara saya sempat ditanyai terkait univ.lain yang saya apply. Saya menjawab hanya apply 3 uni, Univ. of Sussex, ISS Erasmus-The Hague, dan Birmingham. Yang 2 lainnya sudah ada LoA justru yang saya cantumkan (Birmingham) ini yg belum. Nah si interviewernya dengan bbrp alasan lebih sreg saya kuliah di Belanda, begitupun bos saya di Komnas Anak hehe. Jadilah saya berniat jika minggu depan belum dapat keputusan dari Birmingham, saya akan ganti Uni. Bolehkah Mas mengirimkan ke thella.rivera@gmail.com perihal format berkas2nya? Terima kasih sebelumnya Mas, sukses selalu.

     
    • setiawanaab

      March 10, 2015 at 7:51 am

      Selamat Mbak Thella, untuk form pengajuan yg saya ajukan waktu itu sudah saya forwardkan. Semoga bisa mendapatkan pilihan yang terbaik.

       
  8. Hilda Septriani

    March 11, 2015 at 6:08 am

    Assalamualaikum..Perkenalkan mas saya Hilda Septriani.. saat ini saya sedang menunggu PK..
    Saya berencana untuk pindah universitas mas ke LN karena sebelumnya saya apply untuk DN, boleh saya minta contoh dokumen untuk perpindahan univ ke LN punya mas ? 🙂
    Oya, jika berkenan saya juga mau tanya untuk syarat khusus yang ditetapkan oleh LPDP untuk apply ke univ Jerman mas, seperti tes DAF dll ?
    Terima kasih sebelumnya 🙂

     
    • setiawanaab

      March 12, 2015 at 2:51 pm

      Waalaikumsalam Mbak Hilda, sudah Saya kirimkan via email contoh form pengajuannya.
      Untuk LPDP sepertinya tidak ada syarat khusus untuk bahasa asing lain selain bahasa Inggris selama kita memenuhi syarat masuk universitas yang dituju. Kebetulan program master Saya juga adalah program internasional, jadi tidak ada syarat khusus untuk bahasa Jerman.

       
  9. Hilda Septriani

    March 11, 2015 at 6:09 am

    Maaf tertinggal, email aku di sini mas septrianihilda@yahoo.co.id 🙂

     
  10. Randi

    March 12, 2015 at 3:37 pm

    Assalamu alaikum Mas.. perkenalkan nama saya Randi. Seperti beberapa teman sebelumnya. Saya juga berencana pindah universitas dari DN ke LN. Jika mas berkenan, saya boleh minta contoh berkas permohonan pindah universitas yang pernah mas buat?

    Oh ya, kalau Mas kan pindah universitasnya sama2 di LN, bagaimana dengan pindah universitas dari DN ke LN ya? apakah memang dimungkinan seperti itu?

    email saya: randikurniawan512@gmail.com.

    Terima kasih sebelumnya Mas

     
    • setiawanaab

      March 12, 2015 at 7:07 pm

      Waalaikumsalam Mas Randi, ok saya kirim contoh form pengajuan perpindahannya Saya waktu itu.
      Pindah DN ke LN bisa diajukan dengan persyaratan yang sama ditambah lampiran sertifikat TOEFL atau IELTS terbaru.

       
      • Een Robithoh

        January 30, 2016 at 2:16 pm

        Assalamualaikum mas,problem saya sama dgn mas randi di atas. Boleh forward jg ke email saya?
        een.sains@gmail.com
        Terimakasih sebelumnya.

         
  11. Randi

    March 13, 2015 at 1:26 am

    Terima kasih Mas Aryan. Saya sudah terima file-nya. Informasinya sangat membantu.

     
    • setiawanaab

      March 13, 2015 at 5:24 pm

      Sama-sama Mas Randi, semoga sukses dengan pilihan studinya.

       
  12. ayujessy

    March 14, 2015 at 6:46 pm

    halo mas setiawan! selamat malam dan salam kenal, terimakasih sudah mau berbagi.
    mas, kalo saya mau pindah jurusan tapi universitasnya tetap sama, apakah form suratnya tetap sama dengan pindah univ? jika iya, mohon bantuannya untuk mengirimkan form tersebut ke email ayujessy@gmail.com dan juga persyaratannya apakah saya harus membuat essay ulang atau mungkin harus ada LoA nya dulu? Terimakasih.

     
    • setiawanaab

      March 14, 2015 at 7:18 pm

      Halo Mbak Ayu, salam kenal. Sebelumnya Saya belum pernah mendengar masalah ini diangkat oleh LPDP. Menurut Saya selama masih dalam satu universitasnya sepertinya tidak ada masalah (selama nominal pembayaran tidak berubah seperti living cost atau tuition). Karena selama ini pendataan LPDP lebih fokus pada universitas tujuan. Prosedur penggantian yang ada juga hanya perpindahan universitas. Kalau Mbak Ayu masih kurang yakin sebaiknya ditanyakan langsung ke pihak LPDP.

       
  13. nurul izzati

    March 15, 2015 at 12:43 am

    Assalmualaikum. Mas sy baru dinyatakan lulus lpdp afirmasi. Awalnya sy minta di DN, kemudian sy ingin ganti ke LN. Masalahnya adalah sy belum pernah ikut tes IELTS krn d NTB tdk ada tes tersebut dan tempat kursusnya juga tdk ada. Krn sertifikat IELTS blum ada jd sy belum bisa daftr ke kampus ke LN,sedangkan sementara ini sy msih menunggu kursus dr LPDP. Nah krn permintaan awal sy adalah DN maka sy hawatrnya akan dikursuskan ITP bukan IELTS. Kira2 bagaimana ya mas? Apa sy langsung mengajukan surat perpindahan kampus tanpa LoA?
    Jazakallah khairan katsran mas.

     
    • setiawanaab

      March 15, 2015 at 7:42 am

      Waalaikumsalam Mbak Nurul. Sebaiknya untuk tidak mengajukan pindah universitas sampai sudah bisa dipastikan dapat LoA universitas tujuan, karena perpindahan tsb menurut prosedur LPDP hanya diperbolehkan satu kali. Selain itu, dokumen rekomendasi dosen dan surat pengajuan pun harus disertai alasan2 yang relevan.
      Untuk kasus Mbak Nurul sebaiknya dikomunikasikan dengan pihak LPDP untuk diikutsertakan dg kursus IELTS/IBT TOEFL, setelah mendapat LoA baru melakukan prosedur perpindahan universitas tsb. Namun jika pihak LPDP mengharuskan proses perpindahan lebih dahulu sebelum kursus IELTS, pastikan untuk memilih universitas tujuan yg tepat.

       
      • nurul izzati

        March 15, 2015 at 8:53 am

        Terimaksih banyak sarannya mas. Nah, jika sy ingin dikutsertakan di kursus IELTS/IBT, itu sy komunikasinya langsung via telp saja atau bagaimana baiknya ya mas? Utk kampusnya sy sudah sreg di wageningen dan alternatifnya adalah Delft University. Trus, kalau sy ditanya alasannya minta kursus IELTS kemudian sy jawab bahwa “sy ingin pindah kampus ke LN”, itu tdk beresiko g mas?t summa jazakallah..

         
      • setiawanaab

        March 15, 2015 at 10:44 am

        Menurut Saya dicoba kontak via email saja lebih dulu ke alamat yg sering Mbak Nurul gunakan untuk komunikasi dg LPDP. Kalau tidak dibalas dalam waktu lama bisa menghubungi langsung.
        Jika memang sudah yakin untuk ke satu universitas tersebut, sepertinya bisa langsung mengajukan perpindahan. Tetapi syarat IELTS dan LoA belum bisa dipenuhi ya. Saya juga kurang paham untuk program afirmasi LPDP, karena ada persiapan bahasanya.
        Semoga sukses Mbak Nurul.

         
      • nurul Izzah

        March 16, 2015 at 1:20 am

        terimakasih banyak mas atas masukannya yang sangat membantu saya. tapi maaf, sekali lagi sy merepotkan. bisakah saya dikirimkan form perpindahan universitas juga?  

         
      • setiawanaab

        March 16, 2015 at 6:26 am

        Sama-sama Mbak. Boleh Mbak, mohon diberikan alamat emailnya y, nanti akan saya coba kirim.

         
      • nurul izzati

        March 16, 2015 at 8:05 am

        Alamat email sy izzahn51@yahoo.com maksih banyak ya mas

         
    • setiawanaab

      March 16, 2015 at 9:23 am

      ok mbak Nurul, bisa dicek emailnya

       
  14. Nina w

    March 19, 2015 at 12:23 pm

    Saya senang sekali menemukan blok mas setiawan, boleh gak saya diemailkan contoh esay dari masi yang tiga persyaratan dr lpdp yaitu sukses terbesar dalam hidupku, proposal penelitian atau rencana studi dan oeranku bagi indonesia. Oh ya tiga esay ini boleh dalam bahasa indonesia gak?
    Ini email saya : wul4nid@yahoo.com

     
    • setiawanaab

      March 29, 2015 at 12:07 pm

      Halo Mbak Nina, essay saya memang dalam bahasa indonesia waktu itu. ini hanya persyaratan lpdp saja, pasti perspektif tiap orang akan berbeda-bedam sebaiknya dituliskan berdasarkan motivasi dan keinginan yang akan mbak Nina lakukan ke depannya. Tidak perlu mendetail, asalkan jelas visi dan maksudnya seperti apa.

       
  15. petanirindusyariah

    March 25, 2015 at 6:05 pm

    Assalamualaikum Mas Setiawan, sekarang sudah larut malam, tapi saya senang sekali menemukan tulisan tentang LPDP di sini. Jika boleh minta pendapat dari Mas, kebetulan kakak saya telah submit beasiswa LPDP DN, satu hari setelahnya ia menerima LoA dari univ luar negeri. Awalnya ia pikir, ia tak diterima di univ luar negeri tersebut (makanya ia mencoba utk mendaftar univ dalam negeri saja), tapi ternyata diterima. Nah, persoalannya, ia sudah terlanjur submit beasiswa LPDP yang DN, apakah memungkinkan untuk diganti ya Mas menjadi beasiswa LN? Jika bisa, bagaimana langkahnya ya? Terima kasih infonya, semoga berkenan menanggapi.

     
    • setiawanaab

      March 29, 2015 at 12:09 pm

      Waalaikumsalam Mbak, pindah dari DN ke LN memungkinkan dengan persyaratan yg sama dengan pindah universitas ditambah sertifikat IELTS/TOEFL. Good luck utk semuanya.

       
  16. nisa

    April 1, 2015 at 9:40 pm

    Assalamu’alaikum mas…saya ingin tanya kalau Letter of sponsorship dr lpdp itu dikirimkan ke awardee baru awardee kirim ke kamous atau kampus langsung kirim ke univ tujuan? terimakasih

     
    • setiawanaab

      April 3, 2015 at 5:18 pm

      Waalaikumsalam Mbak Nisa. Waktu itu LoS dikirimkan ke Saya, baru Saya mengirimkan ke kampus tujuan bersamaan dengan persyaratan lainnya.

       
  17. stephani

    April 7, 2015 at 2:29 am

    haloo mas setiawan… saya juga calon penerima beasiswa LPDP dan ada rencana untuk pindah uni. dan untuk pengurusan pindah uni ini , apakah bisa sebelum PK? krn saya tinggal menunggu jadwal PK.
    bolehkan template berkas” yang digunakan untuk proses ini dikirimkan ke stephanideby@gmail.com jugaaa. terima kasih sebelumnya..

     
    • setiawanaab

      April 8, 2015 at 6:34 pm

      Mbak Stephani, Saya juga pengurusannya sebelum PK, jadi nanti kontrak yg ditandatangani saat PK sudah berubah univnya. Contoh surat permohonannya yg pernah saya ajukan sudah dikirimkan ya.. Good luck.

       
  18. stephani

    April 9, 2015 at 3:42 am

    terimaaa kasih banyak..

     
  19. Nanik Rahmawati

    April 24, 2015 at 2:49 am

    Sebelumnya terimakasih banyak mas atas postingan ini. Saya juga berniat untuk pindah universitas karena skrg sedang hamil, jadi suami minta yang dekat dengan domisili sekarang. Mohon berkenan mengirimkan contoh form perpindahan univnya ya mas, terimakasih banyak sebelumnya. email saya nanikrahmawati24@gmail.com

     
    • setiawanaab

      April 24, 2015 at 3:10 pm

      Halo Mbak Nanik, bisa dicek emailnya. Semoga bermanfaat 🙂

       
  20. Hasan

    April 28, 2015 at 8:14 pm

    saya ingin berterima kasih atas postingan mas. Saya ingin meminta bantuan sama mas, berkenan mengirmkan format perpindahan universitasnya. terima kasih. email saya sulbarhasan@yahoo.co.id

     
    • setiawanaab

      April 29, 2015 at 8:03 pm

      Mas Hasan, contohnya sudah Saya kirimkan via email, semoga bermanfaat.

       
  21. Lunyka

    April 28, 2015 at 8:55 pm

    Salam kenal mba nanik,
    Saya saat ini sudah mendapatkan LOA dari Lund University untuk start kuliah akhir agustus 2015 dan saat ini sedang menunggu hasil seleksi dokumen LPDP. Saya ingin bertanya:
    1. Apakah LPDP memungkinkan untuk memproses aplikasi yang mengajukan perkuliahan agustus padahal saya melamar untuk batch dua yang pengumuman final seleksinya saja baru keluar 10 Juni
    2. Seandainya saya lolos hingga final, pembayaran di univ saya paling lambat 15 Juni, apakah mungkin meminta LoS lebih awal, atau memang Los keluar beriringan dengan pengumuman resmi di web LPDP? (saya ingin mengajukan penundaan pembayaran)

    Terima Kasih

     
    • Lunyka

      April 28, 2015 at 9:09 pm

      Maaf, Maksud saya : Salam Kenal Mas Setiawan

       
    • setiawanaab

      April 29, 2015 at 8:15 pm

      Salam kenal juga Mbak Lunyka,
      Kasusnya sama persis dengan batch seleksi saya tahun lalu. Kebetulan salah satu teman Saya juga mendapatkan LoA ke Lund.

      1. Kepengurusan beasiswa LPDP terpisah dengan universitas, selama pihak universitas bisa menerima tidak masalah, seperti melakukan penangguhan pembayaran, dsb.

      2. LoS baru bisa dikeluarkan setelah dinyatakan lolos seleksi wawancara dan LGD. Tahun lalu teman saya tersebut akhirnya tidak jadi mengambil Lund dan mengganti universitas tujuannya, karena memang tidak dapat diundur pembayarannya. Beberapa teman2 lain yang ke Swedia juga ada yang secara kolektif mengajukan permohonan pengunduran pembayaran tuition kepada universitas karena masih dalam tahapan seleksi LPDP sampai dengan perkiraan jadwal pencairan dana tuition dari LPDP yang pada akhirnya diperbolehkan oleh pihak kampus tujuan mereka.

      Sedikit saran, saat proses seleksi sebaiknya mencari rekan2 yang akan masuk univ yang sama agar bisa mengajukan penangguhan pembayaran tuition secara kolektif.

       
  22. Muh Rifqi Rofiuddin (@rifqi_rofiuddin)

    May 10, 2015 at 6:40 am

    Assalammualaikum. Salam kenal Mas Setiawan. Saya Rifqi, rencana ingin pindah univ dari DN ke LN karena LoA baru keluar setelah pengumuman interview. Boleh minta bantuannya mas untuk format surat perpindahan univ? Email saya muh.rifqi.rofiuddin@gmail.com
    Terimakasih banyak

     
    • setiawanaab

      May 11, 2015 at 9:17 am

      Waalaikmsalam Mas Rifqi. Sudah Saya forwardkan. Semoga bermanfaat.

       
  23. Mut

    May 11, 2015 at 12:31 pm

    Assalamualaykum.
    salam kenal, saya mutoharoh mas… boleh dong saya juga di forwardkan contoh2 dokumen pengajuan pindahnya…. ini email saya mas setiawan thebestmutoharoh@gmail.com

     
  24. Nizar

    May 11, 2015 at 12:55 pm

    Terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat ini.
    Saya barusaja mengikuti sleksi wawancara. Tinggal menunggu hasilnya. Saya apply DN. Saat wawancara interviewer menyarankan saya buat LN.
    Pertanyaannya:
    1. Apakah kalau nanti sya dinyatakan lolos wawancara dan mau mengganti univ harus ada LOA mas? Bolehkah Conditional letter? Soalnya bukannya yg lain juga dikasih wktu 1 th untuk cari LoA.
    2. TOEFL yg harus diasertakan itu apakah harus sesuai standar univ tujuan atau cukup standar LPDP saja (550)?
    3. Masksimal sampai kapan tenggang waktu pengurusan perpindahan univ tsb?
    4. Bolehkah saya minta contoh surat pindahnya mas? Ke nizaribnus@ymail.com

    Trimakasih banyak mas. Sukses buat studi nya. 😀

     
    • Nizar

      May 11, 2015 at 2:11 pm

      Mksdnya LoA conditional mas..

       
    • setiawanaab

      May 14, 2015 at 7:12 am

      Mas Nizar, kesempatan untuk mengganti universitas hanya satu kali dan tidak ada batas waktunya (mengikuti batas waktu LoA secara umum). Lebih baik melakukan penggantian saat sudah mendapatkan LoA unconditional. Proses perpindahan Saya waktu itu tidak lebih dari satu minggu selama sudah mengirimkan semua persyaratan (gunakan hasil toefl yang digunakan ketika mendaftar universitas). Untuk contoh form yang pernah saya ajukan sudah saya kirimkan. Semoga bermanfaat.

       
      • Nizar

        May 14, 2015 at 8:17 am

        Terimaksih banyak atas bantuannya Mas Setiawan. God bless you..

        Warm Regards 😀

         
      • Nizar

        May 14, 2015 at 8:25 am

        Oh jadi walaupun saat PK menurut kontraknya kita dinyatakan sebagai pelamar ke univ A, tpi stlah itu masih bisa diganti ya?.
        Trimakasih banyak Mas. 🙂

         
    • setiawanaab

      May 14, 2015 at 8:36 am

      Iya Mas Nizar, walaupun saat sudah mengikuti PK tetap bisa melakukan perpindahan universitas selama memenuhi persyaratan dan disetujui oleh LPDP, juga belum dibayarkan untuk biaya apapun di universitas sebelumnya.

       
      • Nizar

        May 14, 2015 at 9:18 am

        Oke mas trimakasih. Thanks for caring. 🙂

         
      • setiawanaab

        May 14, 2015 at 12:44 pm

        Sama-sama Mas Nizar 🙂

         
  25. Arin Hadori

    May 19, 2015 at 11:45 am

    Halo, salam kenal Mas Setiawan. Hampir sama dengan teman2 lainnya disini, saya juga berencana mengajukan permohonan pindah univ dari DN ke LN. Boleh saya dikirimkan contoh surat pengajuannya ke email saya (arin.hadori@gmail.com), mas? terima kasih banyak mas. Semoga sehat dan sukses selalu 😀

     
    • setiawanaab

      May 19, 2015 at 8:08 pm

      Halo Mas Arin, sudah Saya kirimkan. Semoga bermanfaat.

       
  26. Insan

    May 22, 2015 at 3:52 am

    Halo mas Setiawan, saya juga berniat utk mengajukan permohonan pindah univ, bolehkan saya minta dikirimkan juga contoh pengajuan perpindahan universitas tsb ke email robotandro123@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya mas…

     
    • setiawanaab

      May 22, 2015 at 3:49 pm

      Boleh Mas, sebenarnya ini tidak ada formatnya, asalkan syarat sudah dilengkapi insyaAllah permohonan perpindahannya akan diterima.

       
  27. Faizal Ade

    June 6, 2015 at 3:01 am

    salam kenal mas setiawan, saya faizal ade (adefaizal21@yahoo.com) PK 25
    kebetulan saya ingin mengajukan pindah universitas, boleh kah saya minta contoh format surat perpindahan universitas DN ke LN? terimakasih sebelumnya
    Best Regards

     
    • setiawanaab

      June 7, 2015 at 4:21 pm

      Mas Ade Faizal, Saya kirimkan contoh yang pernah Saya ajukan. Semoga bermanfaat.

       
  28. suchi

    June 10, 2015 at 10:34 am

    Assalamualaikum, Mas setiawan alhamdulillah saya lolos utk batch 2 ini .
    kemarin saya daftar DN (ITB) krn nilai ielts saya belum keluar dan toefl saya hanya bs utk DN. tapi saya sudah dapat LOA Unconditional RWTH Achen Jerman. Bolehkah saya minta format dan email tujuan permohonan pergantian kampus? mohon di email ke suchi.julidayani@gmail.com
    trims ^^

     
    • setiawanaab

      June 11, 2015 at 12:03 pm

      Waalaikumsalam, Mbak Suchi selamat ya, semoga dimudahkan perjalanannya.
      NB: surat permohonan jg saya kirimkan.

       
  29. Benta

    June 10, 2015 at 11:55 am

    Mas saya juga minta kirim ke email saya boleh yaaaa 🙂 brisbenta.shannatova@yahoo.com

     
  30. Durrah

    June 10, 2015 at 12:38 pm

    Saya senang sekali bisa dapat info tentang pindah uni dari tulisan mas, boleh minta tolong kirimkan form permohonan pindah univnya….? Terimakasiiiii (durrah.la@gmail.com)

     
  31. Andri

    June 10, 2015 at 5:30 pm

    Assalamualaikum, Mas setiawan

    Alhamdulillah saya bersyukur telah lolos utk batch 2 ini .
    Kemarin saya mendaftar untuk Universitas Groningen tetapi LoA nya masih conditional karena IELTS saya telah expired, tapi saya sudah mendaftar juga di Birmingham. Menurut mas bagaimana ya status aplikasi saya di Groningen? Apa kah akan di decline? Karena di Birmingham saya sudah mendapat LoA unconditional. Baiknya bagaimana ya mas? Mohon dikirim juga form permohonan pindah univ nya. Terima kasiih (sickolife@live.com)

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 4:31 pm

      Waalaikumsalam Mas Andri, biasanya pihak universitas akan menhold status tersebut sampai dapat melengkapi dokumen yang kurang. Jika memang ingin melanjutkan di Groningen sebaiknya agar segera melengkapi dg hasil IELTS yang baru. Saya kirimkan juga surat pengajuan perpindahan yang pernah Saya kirimkan.

       
  32. Fijar Akbar

    June 11, 2015 at 12:25 am

    Assalamualaikum .. Subhanallah blog ini bnar bnar bermanfa’at bgt mas.
    prkenalkan nama saya Muhamad Fijar Rotul A (vzhar.akbar@gmail.com). Salam kenal mas nawaab.
    Alhamdulillahsaya lolos wawancara lpdp tahp 2 ini. Ada bbrpa hal yg ingin saya tanyakan, yg pertama boleh tidak pindah dari universitas masih DN permaslahan nya kmrin pas test untuk masuk universitas nya berbarengan dngn test wawancara LPDP, jadi saya tidak bsa ikut test unv tesbt. Diawal saya submit untuk mulai perkuliaham bulan spetember 2015 di UPI, kira kira bisa pindah ke univ lain yg ngeliat time Higher education dll, peringktnya masih dibawah UPI Karena kalo ngambil di UPI tahun dpn sudah melebihi batas 1 taun waktu yg dberikan LPDP untuk mndpatkan LoA nya
    Terima Kasih dan mohon dikirim juga form perpindhan nya (vzhar.akbar@gmail.com)
    Wassalamualaikum

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 4:25 pm

      Waalaikumsalam Mas Fijar, perpindahan dibolehkan dengan menyertakan alasan yang kuat untuk pindah, tidak terpaku pada ranking universitasnya Mas. Misalnya saja ketertarikan pada riset tertentu walaupun rank univnya secara umum lebih kecil. Saya kirimkan juga surat pengajuan yang pernah Saya ajukan. Semoga bermanfaat.

       
  33. debby

    June 13, 2015 at 9:30 am

    assalamualaikum kak, kalo tidak keberatan boleh tidak saya lihat contoh surat rekomendasi yanng dituliskan profesor untuk pindah univ? terimakasih kak
    email saya das.debbyamalia@gmail.com

     
  34. Emirani

    June 13, 2015 at 10:58 am

    Assalamualaikum salam kenal Mas 🙂
    saya berencaa mengajukan perpindahan universitas dari dalam ke luar negeri. Bolehkah saya lihat surat rekomendasi profesor yang mas kirimkan ke LPDP dan surat pengajuan perpindahan universitas? email saya emi.rani@ymail.com

    Terima kasih banyak Mas.
    Semoga lancar dan sukses terus studinya
    Wassalamualaikum

     
  35. duhita savira

    June 14, 2015 at 2:36 pm

    ass mas.
    saya juga calon penerima beasiswa LPDP dan berencana akan mengajukan perpindahan universitas. bisakah mas membantu saya memberikan contoh surat rekomendasi profesor sebagai salah satu syaratnya? ini email saya duhita.10052@gmail.com

    thanks a bunch, mas
    sukses selalu 🙂
    wass

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 4:39 pm

      Mbak Duhita dan yang lainnya,
      untuk rekomendasi professor biasanya akan merujuk pada program studi tujuan dan potensi risetnya. Akan lebih baik jika professor sudah mengenal atau punya hubungan riset dengan univ tujuan. Surat ini juga tidak ada format khusus jadi tidak ada guideline yang harus diiikuti.

       
  36. Yasmin

    June 15, 2015 at 6:28 am

    Assalamualaikum mas..
    Saya juga penerima beasiswa LPDP dan berencana melakukan perpindahan universitas.
    Bolehkah saya minta format surat rekomendasi profesor yang mas kirimkan ke LPDP dan surat pengajuan perpindahan universitas? email saya yasminaamalia@yahoo.com
    Terimakasih banyak sebelumnya.

     
  37. camellia

    June 16, 2015 at 7:20 am

    Assalamualaikum,
    Salam kenal Mas Setiawan, saya camellia.
    Alhamdulillah saya telah dinyatakan lolos beasiswa LPDP dan sedang menunggu informasi pelaksanaan PK. Saat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pindah universitas. Apabila Mas Setiawan berkenan, bolehkah saya meminta format dan email tujuan permohonan pergantian universitas? Mohon bisa dikirimkan ke email ke camellia.tito@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelumnya ya…
    Wassalamualaikum.

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 4:14 pm

      Waalaikumsalam Mbak Camellia, surat permohonan yang pernah Saya ajukan sudah Saya kirimkan. Tidak ada format khusus untuk surat tersebut, sebagai pengantar persyaratan perpindahan uni lainnya saja. Semoga bermanfaat.

       
  38. Mukti

    June 16, 2015 at 8:03 am

    Asslamauallaikum,
    Salam kenal mas, nama saya mukti. Alhamdulillah saya dinyatakan lolos wawancara di batch 2 2015 ini. Saat ini saya belum memiliki unconditional LoA, akan tetapi prof yang saya tuju di Osaka University sudah meminta saya untuk mengirimkan LoS atau LoG, sedangkan saya masih belum menjalani PK yang kemungkinan dilakukan setelah ramadhan (Agustus) sehingga saya kurang paham bagaimana prosedur permintaan LoS ke pihak LPDP. Saya mohon bimbingan dan bantuannya kepada siapa saya berkirim email dan bagaimana formatnya. Jika berkenan, mohon diimailkan ke alamat email saya yayon.mukti@gmail.com . Terima kasih banyak sebelumnya 🙂

     
  39. Anais Anais

    June 17, 2015 at 2:56 am

    Salam kenal Mas, nama saya Anais Anais. Alhamdulillah saya agustus ini PK 35. Namun saya masih kepentok di administrasi pindah jurusan dipoin nomer 4. Professor yang saya hubungi memnita template untuk surat rekomendasi universitas baru saya. Boleh minta tolong forward contoh surat rekomendasi universitas baru dari professor-nya Mas? email saya di anais2@rocketmail.com Terimakasih banyak, Mas 🙂

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 4:44 pm

      Halo Mbak Anais,
      Repost: untuk rekomendasi professor biasanya akan merujuk pada program studi tujuan dan potensi risetnya. Akan lebih baik jika professor sudah mengenal atau punya hubungan riset dengan univ tujuan. Surat ini juga tidak ada format khusus jadi tidak ada guideline yang harus diiikuti.
      Jika professornya belum familiar dengan kampus tujuan, dengan memberikan motivation letter kita pada professor bisa membantu beliau mengenal profil universitas / program studinya.

       
  40. acak

    June 19, 2015 at 7:47 am

    Slam kenal mas. Saya juga ingin mengajukan pindah kampus.bisakah saya minta template form surat permohonan pindah Univ dan contoh surat Rekomendasi Universitas dari Profesor. Mohon dikirim ke alamat email ini mas: humasak@gmail.com

     
  41. julia

    June 20, 2015 at 5:54 am

    Asslamualaikum, Saya mau tanya. saya sedang mengurus beasiswa afirmasi. saya sudah membuat surat rekomendasi dari dosen saya, namun saya kurang teliti. format yang saya buat seperti format tahun 2014. krn 1 dan lain hal, tidak memungkinkan untuk mengurusnya lg. bagaimana ya? apa saya harus buat lg sesuai format 2015?

     
    • setiawanaab

      June 20, 2015 at 3:44 pm

      Waalaikumsalam Mbak Julia, apakah ini rekomendasi untuk mengajukan perpindahan universitas? Karena setahu Saya tidak ada template khusus untuk surat rekomendasi tersebut, seharusnya tidak ada masalah 🙂 Kecuali memang jika LPDP menyiapkan template untuk dokumen tertentu, saran Saya sebaiknya diikuti saja untuk memperlancar prosesnya.

       
      • julia

        June 21, 2015 at 5:17 am

        bukan,. surat rekomendasi dari dosen pembimbing saya.
        formatnya agak sedikit berbeda dgn yg sekarang.

         
  42. Sifru

    June 23, 2015 at 4:04 pm

    Assalamualaikum,

    Perkenalkan sy Rifqi mas, alhamdulillah sy diterima BPI utk Master dari LPDP pada periode dua ini. Hampir serupa dgn cerita-cerita di atas, awalnya sy memilih DN namun kemudian disarankan mengejar kesempatan LN. Utk kelengkapan syarat perpindahan univ jika diperkenankan sy minta contoh format pengajuan permohonannya.

    email sy: rifqi@ikhwanuddin.com

    maturnuwun 🙂

     
  43. Hasan

    June 25, 2015 at 6:40 am

    Terima kasih mas pencerahannya.
    Alhamdulillah. Saya calon peneriwa periode 2 2015. Bagian energy engineering. Ter daftar d Karlsruhe IT, tp setelah sy teliti lagi ternyata ada syarat german nya. Karena batas LOA hanya 1 tahun sy hitung2 sptnya tidak mungkin kejar bahasa n LoA dlm waktu ini karena sy juga bekerja. Sy rencana mau pindah ke Freiburg atau TU Berlin. Boleh dikirimkan contoh permohonannya mas?
    muhammad.hasan.sirojuddiin@gmail.com
    Btw kalau di TUM ada bagian Energy Engineering n Management yg English mas? Terima kasih

     
  44. Sebastianus

    June 25, 2015 at 11:38 am

    mba boleh saya tanyan bagaimana cara mendapatkan LOA ke universitas tujuan belajar ke luar negri utk LPDP? klu bisa mohon penjelasannya mba lewat email saya bastiandoo@gmail.com

     
  45. Sebastianus

    June 25, 2015 at 11:44 am

    saya sdh ikut mendaftarkan lpdp periode 2 2015 namun universitas tujuan belajar di Wasignthon university in st louis setelah di cek tidak ada juruan master keperawatan disana, bagaimana untuk merubah lagi mba,,semua data saya belum submit tapi tidak ada keterangan pengeditan di lpdp utk merubah universitas tujuan, apa ada cara lain mba..mohon penjelasannya

     
  46. Sebastianus

    June 25, 2015 at 11:47 am

    terus untuk rencana studi yang diaploud ma yg di essay bedanya apa ya mba

     
  47. Fia

    June 29, 2015 at 1:04 pm

    Assalamualaikum,,
    perkenalkan saya pia,
    wah blognya sangat informatif, sebelumnnya saya mencari-cari info tentang pengajuan perpindahan universitas nah jetemu deh blog ini,,tapi ternnyata ada syarat baru yah, rekomendasi dari prof. ..
    boleh ga mas dikirimkan contoj form rekomendasi prof.x
    terimah kasih sebelumnya

    best regards
    pia

     
  48. Mut

    July 1, 2015 at 4:23 am

    Assalamualaykum. comment saya terlewatkan sepertinya.
    salam kenal, saya mutoharoh mas… boleh dong saya juga di forwardkan contoh2 dokumen pengajuan pindahnya…. terutama untuk poin2 dalam rekomendasi akademisi untuk memperkuat alasan pindah universitas. ini email saya mas setiawan, thebestmutoharoh@gmail.com. terimakasih.

     
  49. muhammad soali

    July 3, 2015 at 3:10 am

    assalamualaikum
    perkenalkan saya ali as.. baru keterima lpdp dan lolos seleksi UNY mengambil Jurusan bahasa inggris. waktu mendaftar di form LPDP saya mencantumkan UNY sayangnya untuk prodi pendidikan bahasa inggris yg mau saya ambil, tdk tersedia dikolom lpdp sehingga sy memilih prodi ” penelitian dan evaluasi pendidikan” pertanyaan:
    1. apa yang harus saya lakukan. apakah harus mengajukan perubahan jurusan?
    2. alasan apa yang harus saya kemukakan?
    3. saya baca coments diatas, mas punya template nya.bolehkah saya minta untuk dijadikan acuan?
    4. berapa lama biasanya perrsetujuan perubahan? dan apa syaratnya? dikirimkan kemana?

    maaf mas terlalu banyak pertanyaan. ini email saya: muhammadsoali@gmail.com

    semoga Allah membalas kebaikan mas.

    wassalamualaikum

     
  50. nisa

    July 26, 2015 at 8:19 am

    Halo mas Setiawan, salam kenal…
    Saya juga berencana untuk pindah kampus tujuan. Bolehkah dikirimkan contoh berkas punya mas, terutama surat rekomendasinya.
    Alamat email saya nisa.rachmatika@yahoo.com
    Terima kasih banyak sebelumnya mas 🙂

     
  51. Hasan

    August 7, 2015 at 1:49 am

    Selamat pagi mas setiawan, berkenaan dengan pindah universitas dari DN ke LN saya dengar beberapa awardee mengalami kendala alias tidak disetujui. Mungkin bisa berbagi soal mengapa perpindahan dari DL ke LN tidak di setujui. Jika berkenan bolehkan saya meminta dokumen untuk perpindahan universitasnya. Semoga Allah melancarkan studi mas setiawan. Amien. Dokumen bisa dikirim ke email saya di hasan.syamsudin.92@mail.com

     
  52. Rahmat Hidayah

    August 14, 2015 at 9:53 am

    Salam mas Setiawan. saya Rahmat hidayah awardee LPDP program DN.. seperti beberapa kasus teman yang lain, saya juga berencana untuk pindah program dari program DN ke LN.. Jika bekenaan saya juga boleh minta dikirimkan file surat permohonan perpindahan universitas dan perubahan program mas.. Semua persyaratan sudah saya penuhi termasuk LoA dan IELTS (belum ada rekomendasi professor karena periode ini tidak menjadi syarat) Terima kasih

    email : rahmat.hidayah@mail.ugm.ac.id

     
  53. Dewi

    September 7, 2015 at 5:41 am

    Salam kenal mas Setiawan.
    bolehkah saya meminta dokumen untuk mengurus perpindahan universitas? kalau boleh ini email saya chemangkona@gmail.com
    Mohon bantuannya mas Setiawan

     
    • setiawanaab

      September 8, 2015 at 12:18 pm

      Halo semuanya, mohon maaf Saya belum dapat aktif membalas komentar rekan-rekan semua. Jika sekiranya rekan-rekan membutuhkan referensi surat permohonan perpindahan universitas, linknya sudah saya sertakan di-update terbaru. Silakan dilihat kembali. Semoga dapat bermanfaat.

       
  54. Asep

    September 11, 2015 at 2:06 pm

    Halo Mas Setiawan, nama saya Asep, saat ini saya sedang melamar beasiswa Doktoral LPDP untuk bidang Media and Communication. Pada saat awal mengisi aplikasi online, saya mengisi University of Leeds. Sayangnya, setelah saya melamar ke kampus tersebut, tidak ada supervisor yang benar-benar tertarik dengan proposal penelitian saya. Kemudian saya mencari-cari supervisor di kampus lain, dan akhirnya dapet LoA dari University of Warwick. Yang ingin saya tanyakan, bisa ga kita mengubah tujuan kampus kita dalam sistem aplikasi online LPDP? Karena saya cari-cari kok ga ketemu ya fitur untuk mengubah kampus. Atau apakah perubahan kampus ini bisa langsung dikomunikasikan saat seleksi wawancara nanti? Terimakasih sebelumnya Mas. Sukses buat studinya 🙂

     
    • setiawanaab

      September 11, 2015 at 4:14 pm

      Halo Mas Asep, perpindahan universitas biasanya dilakukan setelah lulus tahapan seleksi sehingga membutuhkan surat permohonan perpindahan dari apa yang sudah diajukan sebelum seleksi. Diusahakan sebelum tekan kontrak (saat persiapan keberangkatan), sehingga universitas tujuannya sudah berubah di dalam kontrak.

       
  55. fajrisukri

    September 12, 2015 at 8:07 am

    Assalamualaikum mas
    saya fajri, alhamdulillah lolos LPDP tahun ini
    saya mau bertanyan apakah bisa pindah dari Universitas DN ke universitas DN?
    mas boleh minta formatnya mas
    email daya : fajrisyukri92@gmail.com

    terimakasih banyak mas

     
    • setiawanaab

      September 12, 2015 at 8:56 am

      Mas Fajri, perpindahan universitas bisa dilakukan di DN juga. Untuk contoh yg pernah saya kirim, bisa didownload di link yang Saya cantumkan di dalam pos di atas. Semoga brmanfaat.

       
      • fajrisukri

        September 13, 2015 at 3:20 pm

        makasih mas atas infonya

         
      • fajrisukri

        September 16, 2015 at 7:32 am

        oh iya mas, saya mau bertanya, kalau mau pindah jurusan dalam satu universitas yang sama, apakah biasanya diperbolehkan?

         
      • setiawanaab

        October 1, 2015 at 7:32 am

        sebelumnya sudah ada kasus serupa Mas Fajri dan bisa dilakukan selama alasannya dapat diterima oleh pihak LPDP

         
  56. Fakhira DwiAwliyawati

    September 16, 2015 at 2:09 am

    Assalamu alaikum mas, tulisannya sangat membantu. mau nyanya untuk Permohonan perpindahan Universitasnya di antar langsung ke kantor LPDP atau bisa di kirim via email? kalo bisa via email di kirim ke alamat mana mas ? Terima kasih sebelumnya

     
    • setiawanaab

      October 1, 2015 at 7:37 am

      Waalaikumsalam Mbak Fakhira, permohonan biasanya dilakukan via email dg melampirkan semua persyaratannya. Alamatnya lpdp.dkp3@ (domain kemenkeu)

       
  57. Arya Putra

    October 1, 2015 at 3:59 am

    Assalamu Alaikum Mas, saya merasa apa yang mas tulis pada blog ini dapat sangat membantu saya untuk mengurus semua proses yang ada pada LPDP.

    Dari pengalaman mas, saya ingin menanyakan perihal proses yang saya jalani sekarang. Sebelumnya saya mendaftar LPDP dengan intake pada bulan September 2016. Setelah saya dinyatakan lulus wawancara, saya ingin meminta permohonan pindah universitas yang intake nya lebih cepat, yaitu pada bulan Februari 2016. Sementara saya belum mengikuti PK yang jatuhnya kira-kira pada bulan Desember 2015. Mengingat rentang waktu yang sangat mepet antara PK dan Intake Februari tersebut, adakah kemungkinan bahwa permohonan saya dapat dikabulkan oleh pihak LPDP? Terimakasih atas bantuannya mas.

     
    • setiawanaab

      October 1, 2015 at 7:44 am

      Waalaikumsalam Mas Arya, merujuk pada kasus Saya sebelumnya, LPDP biasanya akan memprioritaskan PK untuk awardee yang akan berangkat lebih dulu. Menurut Saya tidak akan masalah, mayoritas di PK batch Saya waktu itu adalah awardee yang harus memulai perkuliahan seminggu sampai sebulan ke depan setelah PK. Jangan lupa untuk menginformasikannya pengubahan tsb pada pihak LPDP. Semoga sukses Mas.

       
  58. wahidah

    October 14, 2015 at 3:13 am

    Assalamu alaikum..
    Salam kenal Mas Setiawan. Saya Wahidah, saat ini saya sedang menunggu Pengayaan Bahasa n PK.
    Saya sebelumnya apply untuk DN tetapi saya berencana untuk pindah ke LN mas. Kalau boleh, saya minta dikirimkan contoh dokumennya Mas Setiawan untuk perpindahan univ dari DN ke LN? 🙂
    Wahidah: wahidah.geophy@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya, Mas 🙂

     
  59. Arman

    October 17, 2015 at 2:24 am

    Assalammualaikum.

    Saya masih bingung, Apa boleh kita pindah jurusan ya? setau saya bisanya pindah kampus saha.

    Trima Kasih

     
  60. Shabrina

    October 27, 2015 at 2:25 am

    Assalamualaikum,
    Salam kenal Mas Setiawan saya Shabrina lulusan Biologi ITS yang mendaftar BPI Magister 2015. Saya ingin bertanya bila pindah jurusan atau pun pindah spesialisasi (pindah Lab) apakan perlu melaporkan pula kepada LPDP?
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum

     
    • setiawanaab

      November 6, 2015 at 4:46 pm

      Waalaikumsalam, Mbak Shabrina, perpindahan jurusan juga perlu dilaporkan dan disetujui oleh pihak LPDP. Prosedur pengajuannya juga sama dengan perpindahan universitas.

       
  61. Saiful

    November 4, 2015 at 8:41 am

    Halo mas setiawan,

    mas memangnya harus dari professor ya ? jika di prodi saya hanya sedikit profesornya bagaimana? apa boleh dari doktor? atau dari dosen yang baru s2? jika boleh tolong di imel mas format suratnya ke @lufiaso@rocketmail.com

    Terima kasih

     
  62. Eka Oktavianingsih

    November 4, 2015 at 12:49 pm

    Selamat malam mas. Bolehkah saya meminta form perpindahan universitas? kebetulan saya ingin mengajukan perpindahan universitas. alamat email saya oktavianingsiheka@gmail.com terimakasih

     
    • setiawanaab

      November 6, 2015 at 4:44 pm

      Mbak Eka, maaf karena Saya suka late response link contoh surat yg pernah Saya ajukan sebenarnya sudah ditambahkan di teks, silakan tinggal di-klik.

       
  63. Hida Feelaloneathome

    December 10, 2015 at 5:28 am

    slam kenal mas setiawan,,sya dr sumatera. sya ada rencna apply k lpdp. Tp apa bisa ya jurusanya berbeda dengan jUrusan saya ketika s1 ?

     
    • setiawanaab

      December 11, 2015 at 10:03 pm

      Salam kenal Mbak Hida, bisa saja Mbak asal alasannya kuat untuk nantinya memberi manfaat kepada negara. Akan lebih meyakinkan jika memang sudah diterima di jurusan yang diinginkan tersebut dengan melampirkan LoA. Semoga dimudahkan ya.

       
  64. hatta

    December 11, 2015 at 12:29 am

    selamat pagi mas iwan. terimakasih krn sudah menulis artikel ini. sangat bermanfaat sekali. Alhamdulillah saya sudah lulus beasiswa BPI LPDP dan tinggal menunggu PK. sy sudah download format permohonan perpindahan universitas yang ada di link diatas.

    thank u
    GBU

     
    • setiawanaab

      December 11, 2015 at 10:04 pm

      Alhamdulillah, semoga lancar proses perpindahannya Mas Hatta.

       
  65. Hidayah

    December 11, 2015 at 8:40 am

    Selamat sore Mas,
    saya baru saja lulus dan menunggu PK.
    Ketika mengajukan beasiswa ini saya memilih DN dan dengan beberapa pertimbangan terutama dari interviewer saya hendak mengubah Universitas yang saya tuju dan negara tujuan..
    yang ingin saya tanyakan:
    1. untuk dapat mengetahui prosedur terbaru atau perubahan terkait hal ini bisa menghubungi LPDP ke alamat email yang mana ya mas?
    2. sepertinya dari simpulan tulisan Mas ini, yang penting saya mendapat LoA univ yang baru dan surat rekomendasi dari profesor, lalu setelah itu mengajukan permohonan perpindahan universitas ke LPDP. Apakah kedua hal itu sudah cukup meyakinkan Mas?
    3. kemarin saya mendapat kabar bahwa mekanisme perpindahan universitas sudah sangat sulit bahkan mustahil mulai akhir tahun ini. Apakah benar mas?
    Terima kasih atas tanggapannya Mas.

     
    • setiawanaab

      December 11, 2015 at 10:17 pm

      Selamat Sore Mbak Hidayah, Saya coba jawab sepengetahuan Saya ya Mbak,
      1. Untuk perpindahan universitas, emailnya lpdp.dkp3@ (domain kemenkeu), dengan PIC: Bunga Fajar
      2. Selain itu, untuk perpindahan dari dalam ke luar negeri juga sebaiknya melampirkan IELTS/TOEFL terbaru
      3. Saya kurang tahu mengenai hal ini Mbak, kenapa menjadi sulit. Tetapi Saya rasa selama semua syarat dapat dipenuhi dan disertai dengan alasan yang kuat untuk pindah, inshaAllah pasti bisa 🙂

       
  66. ide

    December 12, 2015 at 3:57 am

    salam kenal, saya ide. Alhamdulillah lolos lpdp periode IV 2015 ini. boleh minta info, prosedur pengajuan LoS dan LoG itu bagaimana ya? Thanks in advance.

     
    • setiawanaab

      December 18, 2015 at 6:22 pm

      Mas Ide, kalau LoG langsung kontak saja via e-mail lpdp.dkp2@ domain kemenkeu, sementara LoS email ke lpdp.dkp@ domain kemenkeu. Sebelum mengajukan LoS akan ada form yang harus dilengkapi bisa juga diminta informasinya langsung via email jika memang belum tergabung ke dalam mailing list lpdp.

       
  67. Rahmadika N

    December 14, 2015 at 5:40 am

    assalamualaikum mas setiawan, saya Ika, belum PK dan masih menunggu jadwal mas. saya berencana pindah univ mas, tapi rank univ nya lebih rendah dari univ yang aku daftar lpdp.
    kenapa pindah ke univ karena terkait pekerjaan, yang mana aku telah mengerjakan penelitian yang kerja sama dengan universitas tersebut dan sudah ada LoA conditional juga,
    o iya, berarti mengurus pindah universitas itu setelah PK ya mas? boleh saya minta emailnya mas? saya mau konsultasi via email saja. hatur nuhun.

     
    • setiawanaab

      December 18, 2015 at 6:26 pm

      Waalaikumsalam Mbak Ika, Saya sendiri mengajukan perpindahan sebelum PK, jadi saat PK surat2 yang perlu ditandatangani sudah tercantum univ tujuan yang baru. Silakan Mbak Ika reply email disini, nanti saya pm jika memang masih perlu. Salam,

       
  68. hidayah93

    December 18, 2015 at 6:05 am

    Mas, boleh dishare kah contoh surat rekomendasi pindah universitas dari Prof nya? Terima kasih banyak banget mas dan mohon maaf merepotkan lagi… Jika berkenan ke alamat email ini mas hidayah.saragih@gmail.com

     
  69. Mukti R Dewi

    December 22, 2015 at 3:13 pm

    Assalamu’alaikum.
    Mas, bolehkah saya minta contoh Surat Rekomendasi Universitas dari Profesor di Indonesia untuk acuan bagi professor saya dalam menulis rekomendasi? Bila berkenan mohon dikirim ke email saya ya mas, my.mukti@gmail.com.

    Terimakasih 🙂
    Semoga kebaikan mas bisa dicatat sebagai amal jariah yg tak terputus pahalanya.

    Salam.

     
  70. muhammad reza

    December 23, 2015 at 4:08 am

    Assalamualaikum..Salam kenal dan selamat pagi mas setiawan.. saya reza. saya sudah lolos LPDP dan sudah ikut PK mas. mhn bisa di share dong untuk form pengajuan perpindahan universitasnya mas ke email dr_muhammadreza@yahoo.com , oh iya, untuk pengajuannya, berarti form yg sudah diisi lgsg di email ke lpdp.dkp ya mas? terima kasih banyak..

     
    • setiawanaab

      January 31, 2016 at 9:15 am

      Hi semua, form pengajuannya Saya sudah post di link di atas ya, coba dicek kembali.
      Untuk surat rekomendasi profesor, Saya memberikan profil universitasnya serta surat permohonan perpindahan tsb terlampir, kira-kira isinya kurang lebih sama. Gd luck to y’all.

       
  71. arizka

    January 31, 2016 at 1:52 am

    Selamat pagi mas, saya masih dalam proses daftar ke LPDP, dan yg kemarin di data submit saya memasukkan universitas Imperial College London. Alhamdulillah saya mendapatkan LOA dari Heriot watt (yang rankingnya dibawah imperial college london). Apakah LOA dari heriot ini bisa saya bawa saat wawancara sebagai penunjang berkas saya? Terima kasih.

     
    • setiawanaab

      January 31, 2016 at 9:21 am

      Selamat pagi Mbak Arizka, setahu Saya saat wawancara masih menggunakan data saat pendaftaran (sama seperti Saya dulu). Pengajuan perpindahan tetap dilakukan secara prosedural ke email PIC perpindahan universitas.Untuk berkas penunjang, sebelum wawancara, ada pemeriksaan berkas oleh panitia, sebaiknya ditanyakan langsung saat sebelum wawancara, apakah akan berpengaruh pada keputusan akhir nantinya.

       
  72. Hananta Syaifulloh

    February 3, 2016 at 10:15 pm

    Selamat pagi mas Setiawan, saya ingin menanyakan beberapa hal:

    1. Kapankah waktu yang tepat untuk mengajukan perpindahan universitas/jurusan? apakah setelah hasil seleksi wawancara umumkan dan sebelum PK?
    2. Apakah ada syarat minimal jumlah surat rekomendasi dari profesor di Indonesia?
    3. Kalau boleh, saya ingin meminta contoh surat rekomendasi dari profesor yang digunakan untuk keperluan pindah universitas tersebut.

    Terimakasih sebelumnya..

     
    • setiawanaab

      February 7, 2016 at 9:01 am

      Halo Mas Hananta,
      1. Sewaktu itu Saya memang mengajukannya sebelum PK dan setelah wawancara. Sebelum PK, karena saat PK kita akan menandatangani surat penerimaan beasiswa dengan tujuan universitasnya. Tetapi pengajuan perpindahan juga bisa dilakukan setelah PK.
      2. Untuk perpindahan minimal satu rekomendasi Mas.
      3. Surat tersebut Saya ajukan dengan melampirkan dokumen pendukung, seperti Surat pengajuan perpindahan uni, letter of motivation, dll. Nantinya akan dibuatkan langsung oleh rekomendernya langsung.
      Semoga dimudahkan ya..

       
  73. Esty Haryani

    February 11, 2016 at 7:15 am

    hello mas Setiawan,

    Saya juga sedang mengajukan surat permohonan pindah universitas dan oleh LPDP diminta surat rekomendasi dari asosiasi profesi dan profesor di Indonesia. Profesor yang saya minta rekomendasi meminta form surat rekomendasi dari saya. Jika mas Setiawan berkenan boleh minta copy surat rekomendasi dari profesor Indonesia-nya? bisa tolong dikirim ke esty.haryani@gmail.com
    Many thanks..

     
  74. Saifullah

    February 12, 2016 at 5:04 pm

    Assalamualaikum Mas, boleh aku minta form surat rekomendas atau copy surat rekomendasi dari profesor Indonesia-nya?? sama form pengajuan perpindahan universitasnya mas ke email aku Saifullahiful38@gmail.com Makasih atas bantuanx mas. suksesss selalu!

     
  75. shalihatayu

    February 26, 2016 at 7:17 pm

    Mau memberi informasi buat temen-temen Awardee atau calon awardee. mulai tahun ini perpindahan Universitas dalam nenegeri ke luar negeri sudah tidak bisa.

     
    • Reyn

      March 11, 2016 at 1:41 pm

      Kalau dr LN ke DN bisa g ya, Mbak?
      Terima kasih.

       
      • shalihatayu

        March 21, 2016 at 10:03 am

        Terakhir ada yang tanya LN ke DN bs di pertimbangkan

         
  76. Reyn

    March 11, 2016 at 1:37 pm

    Kalau misal ternyata kita tidak diterima d univ tujuan kita yg semula ni Mas, apa boleh pindah univ dg alasan ini?
    Sebelumnya terima kasih y Mas Setiawan, tulisan d blog ini sangat membantu.

     
    • setiawanaab

      March 17, 2016 at 11:04 pm

      Dear Reyn, sebaiknya melakukan perpindahan jika memang universitas tujuan yang baru lebih baik daripada universitas tujuan sebelumnya dan mendapat rekomendasi oleh profesor di bidangnya. Lebih baik lagi jika ketika mendaftar sudah mendapatkan LoA dari universitas tujuan. Salam.

       
  77. tresya

    March 17, 2016 at 8:43 am

    Assalam.. Mas, saya juga ingin pindah kampus, boleh nggal saya mint rekomdasi dari profesornya? BuatBuat referensi saya. Ini email saya, tresya.bebie@gmail.com terima kasih

     
  78. tresya

    March 17, 2016 at 8:43 am

    Assalam.. Mas, saya juga ingin pindah kampus, boleh nggal saya mint rekomdasi dari profesornya? BuatBuat referensi saya. Ini email saya, tresya.bebie@gmail.com terima kasih.

     
    • setiawanaab

      March 17, 2016 at 11:08 pm

      Waalaykumsalam Mbak Tresya, dan rekan2 lain yang membutuhkan contoh surat rekomendasi profesor, mohon maaf belum sempat membalas. Tulisan di atas sudah Saya update dengan tambahan link untuk mengunduh contoh surat tersebut. Semoga bermanfaat.

       
  79. selvi helina

    March 19, 2016 at 5:56 am

    assalamualaikum…maaf mengganggu, saya sudah lolos lpdp DN tapi saya blm punya LoA atau surat diterima di Universitas tujuan, jadi saya masih bingung apa yang harus sya lakukan, dan LoS digunakan untuk apa ya…mohon bantuannya dan sarannya di email helinaselvi@yahoo.co.id

     
  80. uswah

    March 19, 2016 at 7:26 am

    mbak saya boleh minta form perpindahan univ boleh kah mbak???? jika boleh kirim ke email saya ya mbak,..di anaa.uswah@gmail.com,..sukron katsir mbak,..jazakumullah

     
  81. La Musa

    March 23, 2016 at 3:20 am

    Asalam alaikum mas. perkenalkan sy La Musa, bisa kah sy juga minta contoh forrm perpindahan kampus yang mas punya ? ini email sy mas, lamusa2108@gmail.com
    terimakasih sebelumnya mas

     
    • lisnan

      March 27, 2016 at 7:04 am

      assalamualaikum, mbak sy mau tanya, saya udah mngajukan los k lpdp dari minggu lalu tp blum dkeluarkan sampai skarng. kira2 krn apa ya mbak?

       
  82. Nanda

    April 9, 2016 at 4:17 am

    Selamat pagi. Ada yg mau saya tanyakan terkait LOS itu. Apakah bisa kita meminta LOS sebelum perpindahan universitas kita disetujui lpdp. Saya sedang mengajukan perpindahan universitas ke lpdp, namun pihak universitas tujuan memberikan deadline bbrp minggu lagi. Saya cuma takut waktunya mepet dari pengurusan perpindahan univ dan memngurus los.

     
    • setiawanaab

      April 9, 2016 at 5:57 pm

      Hi Mbak Nanda, Saya juga waktu itu mengajukan LoS untuk persyaratan visa tetapi harus melampirkan surat persetujuan perpindahan universitasnya, karena LoS akan mencantumkan universitas tujuan yang sudah disetujui tersebut. Sewaktu Saya mengajukan LoS, prosesnya sangat cepat tidak sampai satu minggu. Semoga sukses.

       
  83. Mumtazah

    April 11, 2016 at 2:57 am

    assalamualaikum, saya mau tahu bagaimana prosedur pengajuan LoS ke LPDP. mohon bimbingannya,,,^_^

     
    • setiawanaab

      April 16, 2016 at 8:29 pm

      Waalaikumsalam, pengajuan LoS sekarang dilakukan dengan mengisi google form dari LPDP. Link-nya biasanya terlampir di info bulanan milis. Kalau belum tergabung ke milis, bisa mengajukannya via email lpdp.dkp @kemenkeu.

       
      • Mia

        May 2, 2016 at 2:42 pm

        Saya udah buka yg google form nya
        Tp kok isinya mlh nggak ad ya
        Jd nggak ngerti deh mas
        Mohon pencerahannya

         
  84. Ani

    May 3, 2016 at 11:39 am

    Halo mas,
    Mau nanya, ini mas apakah mengajukan perpindahan kampus dengan progam studi yang tidak linier dengan S1nya?

    Jika terjadi kasus seperti ini, apakah perlu surat profesor dari jurusan S1 atau calon prodi S2? Terima kasih

     
    • setiawanaab

      May 12, 2016 at 6:26 pm

      Halo Mbak Ani, Saya kurang pengalaman juga untuk perpindahan jurusan yang tidak linear. Sepengetahuan Saya, surat tersebut akan berisi rekomendasi mengenai kampus tujuan yang baru. Jadi seharusnya surat tersebut berasal dari rekomender yang berkaitan langsung atau mengetahui betul kualitas universitas tujuannya atau calon prodi S2 tersebut.
      Good luck.

       
  85. annaekasitumeang

    June 2, 2016 at 5:27 am

    Hallo Mas, selamat siang, nama saya Anna, saya baru saja mengikuti test substansial beasiswa LPDP tanggal 30 Mei yang lalu, saat wawancara, pewawancara yang mewawancarai saya menyuruh saya untuk pindah dari LN ke DN dan saya diminta untuk menandatangani surat pernyataan bermaterai, sebenarnya saya sangat berat hati, tapi saya tanda tangani juga, pasalnya saya sudah mendapatkan LoA dari kampus terbaik no 1 versi QS untuk bidang pertanian dan kehutanan yaitu Wageningen University di Belanda. Yang mau saya tanyakan, apabila nanti saya dinyatakan lulus beasiswa LPDP, dapatkah saya mengajukan permohonan pindah universitas kembali ke Wageningen atau saya harus tetap kuliah di DN (IPB)? Mohon pencerahannya Mas, terimakasih. Oya ini saya sertakan alamat email saya annaekasitumeang@gmail.com

     
    • Pisi Bethania

      June 11, 2016 at 5:35 am

      Halo mbak anna, saya jg mengalami kasus sperti anda. Apakah bs kita mengajukan ke LN lg ya? Pasalnya sdh menandatangani surat pernyataan bersedia dialihkan :” saya juga berat hati karena jurusan yang saya inginkan tidak ada di univ DN

       
      • setiawanaab

        July 3, 2016 at 7:07 pm

        Halo Mbak Pisi dan Mbak Anna, untuk perpindahan univ dari DN ke LN sekarang sudah banyak aturan yang berubah dari yang lama. Untuk kejelasan atau untuk mendapatkan pengalaman dari rekan2 LPDP terbaru yang lainnya lebih baik mengacu pada milis LPDP. Good luck

         
  86. mutakhirani mustafa

    June 15, 2016 at 3:04 pm

    Bismillah mas alhamdulillah sy lolos beasiswa Lpdp tahap ke 2 2016 Dan sy mau pindah kampus. Tolong format suratnya mas di email sy ranimanis822@yahoo.co.id oh yah mas itu pengajuan LOA haru unconditional yah . Karena sy hanya memiliki LOA Conditional . terima kasih mas.

     
  87. Tomy Gunawan

    June 21, 2016 at 9:07 am

    Hallo Mas, perkenalkan saya Tomy Gunawan, saat pendaftaran saya menggunakan LoA dari Aberdeen University tapi setelah diumumkan lulus LPDP saya juga mendapatkan LoA dari LMU Muenchen dan saat ini sedang mengurus pengiriman dokumen seperti legalisir ijazah dsb untuk mendapatkan Notification of Admission. Saya rencananya ingin mengajukan perpindahan setelah mendapatkan Notification of Admission dari LMU. Sedangkan LMU intake Oct 2016 tapi saya baru akan menjalani PK sekitar akhir agustus. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Berapa lama mas mengurus Visa untuk tujuan Muenchen, karena setahu saya kota tujuan juga mennetukan lama pengurusan visa??

    2. Apakah pengurusan visa dapat menggunakan LoS atau harus menggunakan LoG ? karena jika menunggu LoG berarti saya harus menyelesaikan PK terlebih dahulu dan waktunya akan sangat mepet sekali dengan jadwal mulai perkuliahan

    Terimakasih sebelumnya.

     
    • setiawanaab

      July 3, 2016 at 7:03 pm

      Halo Mas Tomy, kebetulan Saya juga dulu kasusnya mepet dengan waktu keberangkatan. Dari yang Saya ingat, visa Saya terbit sekitar 4-5 minggu, tepat sekitar dua minggu sebelum tanggal keberangkatan Saya saat itu. Untuk aplikasi visa, yang digunakan adalah LoG karena segala rincian pembiayaan ada di surat tersebut. Pengajuan LoG Saya waktu itu cukup cepat, tidak sampai satu minggu sudah bisa diperoleh.
      Semoga lancar semuanya.

       
  88. habibi

    July 31, 2016 at 1:46 am

    Assalamualaikum mas. Sy, habibi, dari Jambi. Waktu saya lulus lpdp, kampus tujuan saya adalah UM Malaysia. Tapi sy belum dapat LoA. Sekarang sy dapat LoA sari RMIT Australia. Apakah bisa langsung mengajukan ke RMIT?, karena kalau definisi pindah bagi saya adalah dapat LoA kampus tujuan dan kampus baru. Sedangkan sy cuma dapat kampus yg baru “LoA’. Mohon pencerahnnya mas. Dan kiranya sapat nengirimkan contoh surat pindah dan syarat lainnya ke email saya. Terimaksih sebelumnya

     
    • setiawanaab

      August 3, 2016 at 5:55 pm

      Waalaikumsalam mas Habibi. Sewaktu saya melakukan perpindahan univ, persyaratannya hanya membutuhkan LoA tujuan saja mas, selama persyaratan perpindahan kampus yang lain juga dipenuhi (tanpa LoA kampus sebelumnya). Sepertinya banyak rekan2 disini yang juga tujuan pindahnya karena mendapatkan LoA lebih dulu di kampus yang lain. Untuk contoh2 surat, Saya sudah pernah upload, bisa dicoba klik link di tulisan di atas ya, semoga bermanfaat. sukses mas Habibi…

       
  89. Nurul mustafida

    December 10, 2016 at 2:49 am

    Assalamualaikum mas,
    Mas saya nurul, alhamdulillah sdh lolos seleksi wawancara DN, sy ingin bertanya mengenai perpindahan kampus, sy blm dapat Loa, awalnya sy daftar lpdp tujuan UNDIP namun ingin pindah UGM, terus syarat yg sy ajukan apa saja ya mas, dan apa pengajuan ini diberikkannya setelah kita selesai PK? mohon bantuanya
    TErima kasih

     
  90. gadispratiwi

    December 18, 2016 at 3:11 pm

    Hai mas, saya juga ingin pindah universitas dari monash ke NUS. NUS ranknya jauh lebih tingi dari monash, tapi kata teman jika ingin pindah ieltsnya harus 6,5. Apakah itu benar? Terimakasih sebelumnya,

     
  91. ratnasari

    July 27, 2017 at 7:35 am

    Assalamualaikum, salam kenal mas saya ratnasari. Alhamdulillah juni 2017 kemarin saya dinyatakan lolos beasiswa LPDP program magister dalam negeri. saya ingin bertanya mengenai perpindahan kampus. saya belum dapat LoA. waktu mendaftar LPDP tujuan kampus saya UPI pendidikan kimia namun sekarang sesuai kebutuhan pekerjaan saya ingin pindah ke UNNES jurusan pendidikan IPA. apakah bisa ya mas pindah universitas dan pindah jurusan? dan saya mohon dikirim surat pengajuan pindahnya ke email saya ratnasariayoe1@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

     
    • setiawanaab

      August 2, 2017 at 1:38 am

      Dear mbak ratnasari, contoh suratnya bisa didownload di link di atas.
      untuk regulasi perpindahan universitas saya kurang update lagi euy, karena prosedur yang saya lakukan di atas memang sudah cukup lama. Sepertinya saat ini LPDP mempunyai prosedur yang lebih baku dan bisa ditanyakan langsung ke lpdp via email atau telpon. Good luck.

       

Leave a comment